Hegemoni dan Sengketa Penerapan Hak Atas Laut di Sekitar Tapal Batas Indonesia (Kumpulan Tulisan)

Penulis: Firman Hasan

ISBN: 

Bahasa: Indonesia

Cetakan: Pertama, 2023

Jumlah Halaman: 139 halaman

Ukuran Buku: 15,5 cm x 23 cm

 

Sinopsis :

Artikel–artikel dalam buku ini memberikan gambaran bagaimana hukum internasional, khususnya tentang laut, teraplikasi dalam dunia nyata. Meskipun sudah ada satu ketentuan global tentang hukum laut yang  bersifat universal, kepentingan nasional sebuah negara, terutama negara adidaya, mencoba untuk mengesampingkannya dengan alasan hak histori dan sebagainya.
Semua itu merupakan narasi yang dipakai untuk memaksakan kehendak, apalagi negara “tetangga” dipandang tidak cukup kuat untuk melakukan penetrasi di lapangan. Keikutsertaan negara di luar teritorial negara yang bersangkutan dianggap sebagai perbuatan yang tidak menyenangkan  alias provokasi  dan berada di luar wawasan hukum internasional.
Indonesia sebagai salah satu negara yang terlibat dalam dinamika itu harusnya bersikap hati-hati walau regulasi nasional kita tidak senantiasa sejalan dengan kaidah hukum internasional yang relevan. Misalnya, substansi Konvensi Wina 1969 tidak linear dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2000 dan/atau Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2009.

Read 260 times