Kurikulum dan Modul Sekolah Lapangan Iklim Pengarusutamaan Kesehatan Masyarakat

Penulis: Muchsin Riviwanto

ISBN: 978-623-6234-22-8

Bahasa: Indonesia

Cetakan: Pertama, 2021

Jumlah Halaman: 105 halaman

Ukuran Buku: 15,5 cm x 23 cm

 

Sinopsis :

Perubahan iklim saat ini menjadi tantangan masyarakat di seluruh dunia. Di tinjau aspek kesehatan masyarakat, perubahan iklim mengakibatkan secara langsung dan tidak langsung masalah kesehatan yaitu penyakit malaria, DBD dan diare, rendahnya akses air bersih dan sanitasi, rendahnya akses pelayanan kesehatan dan buruknya status gizi.
Kelompok yang merasakan dampak perubahan iklim adalah petani dan nelayan , maka diperlukan informasi tentang iklim dan bentuk-bentuk adaptasinya. Salah program informasi iklim adalah Sekolah Lapangan Iklim. Sektor kesehatan dimodifikasi dengan Sekolah lapangan iklim pengarusutamaan kesehatan masyarakat (SLI-PKM). SLI-PKM dikembangkan dalam bentuk kurikulum dan modul dengan pembelajaran orang dewasa (andragogi). Materi pembelajaran SLI PKM dengan jam pelajaran (JP) sebanyak 8 JP dengan peserta nelayan, petani dan tenaga kesehatan daerah terpapar perubahan iklim.
Pada modul 1 berisi tentang pengenalan cuaca dan iklim, dimana Cuaca adalah keadaan dinamika udara di atmosfer pada waktu dan tempat tertentu. Iklim adalah kebiasaan cuaca yang terjadi di suatu tempat atau daerah. Unsur Cuaca terdiri dari curah hujan, suhu udara, jumlah tutupan awan, penguapan, kelembaban, dan kecepatan angin.
Pada modul 2 berisi tentang kerentanan akibat perubahan iklim adalah suatu kejadian iklim yang jarang terjadi yang nilai variabelnya diatas/dibawah nilai ambang pada kurun waktu tertentu (misalnya 30 tahun). Indikator adanya perubahan iklim berupa perubahan suhu daratan, tingginya muka air laut, berkurangnya lapisan es di pegunungan. Komponen pembentuk kerentanan terdiri dari keterpaparan (exposure), sensitivitas (sensitivity) dan kemampuan adaptasi (adaptive capacity).
Pada modul 3 berisi tentang adaptasi kesehatan akibat perubahan iklim. Dampak kesehatan akibat perubahan iklim di antaranya dapat menimbulkan polusi udara yang berpengaruh terhadap kesehatan (air pollution), penyakit yang berhubungan dengan air dan makanan (water and food borne diseases), penyakit yang berhubungan dengan vektor (vector borne diseases).
Pada modul 4 berisi tentang kesetaraan gender dalam perubahan iklim. Gender adalah perbedaan social antara laki-laki dan perempuan yang dititik beratkan pada perilaku, fungsi dan peranan masing-masing yang ditentukan oleh kebiasaan masyarakat dimana berada.
Diakhir penyampaian materi pembelajaran SLI PKM akan diberikan evaluasi untuk mengetahuan tingkat pengetahuan peserta.

Read 742 times